Getting time...

JAWA TIMUR »  GREATER JATIM

Polisi: Motif Pembunuhan Vita Bukan Asmara tapi Pemerasan

Nurul Arifin - OKEZONE
Sabtu, 16 November 2013 19:12 wib
Ilustrasi Okezone
Ilustrasi Okezone

SURABAYA - Polisi membantah jika tewasnya Vita Fitria Dewi, Mahasiswi UNIPA, Surabaya, karena latar belakang asmara.

Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP I Gede Suartika mengungkapkan, pembunuhan mahasiswi asal Jember ini berlatar belakang pemerasan oleh tersangka R warga Blitar yang merupakan teman sekampus korban.

"Pelaku R ini sedang terbelit hutang karena butuh uang untuk membayar cicilan mobil senilai Rp5 Juta," kata Gede ketika dikonfirmasi Okezone, Sabtu (16/11/2013).

Ia menjelaskan, Pelaku R memang kenal dengan korban. Saat itu, R melihat Vita ini sering menerima orderan hingga dianggap sang model kampus ini banyak uang.

R kemudian membuat rencana jahat yakni mengajak Vita untuk pemotretan bersama Tersangka Y warga Karangbong, Sidoarjo. Dua orang ini kemudian mengajak Vita dengan dalih untuk melakukan pemotretan di Gunung Bromo. Tiga orang ini kemudian berangkat dengan mengendarai Mobil Xenia W 1963 RB.

Rupanya, mereka tidak pergi ke gunung Bromo tapi singgah di Villa kawasan Nongko jajar. Di Villa itulah, Tersangka Y dan R melakukan pemerasan kepada Vita dengan meminta PIN ATM.

Tersangka Y memaksa agar sang Model cantik ini melakukan penganiayaan dan menyekap Vita hingga mendapatkan nomer PIN tersebut. Y kemudian melakukan pembekapan hingga Vita tewas karena kehabisan oksigen.

"Jasad korban kemudian dibuang di Dusun Claket oleh dua pelaku ini," ucapnya.

Usai membuang jasad korban, Y dan R langsung menuju kawasan Banjarkemantren, Sidoarjo untuk mengambil uang di ATM milik Vita. Rupanya, perkiraan dua pelaku ini meleset. ATM Vita tidak ada uangnya. Hingga akhirnya, pelaku melarikan diri.

Di hadapan penyidik, Tersangka R mengaku memang sedang membutuhkan uang senilai Rp5 juta untuk membayar hutang mengangsur mobil senilai Rp5 juta per bulan.

"Saya memang butuh uang untuk bayar hutang dan nyicil mobil," ujar R di hadapan penyidik saat di Mapolrestabes Surabaya. 

(ydh)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป