JAWA TIMUR »  GREATER JATIM

Hewan Tak Layak Dijadikan Kurban Ditemukan di Ponorogo

Ahmad Subki - Sindo TV
Senin, 7 Oktober 2013 10:09 wib
Ilustrasi
Ilustrasi

PONOROGO - Petugas Dinas Pertanian dan Sub Dinas Peternakan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, menemukan hewan tidak layak dijadikan kurban untuk Hari Raya Idul Adha 1434 H. Dalam sidak yang digelar di pasar tradisional tersebut, ditemukan kambing berusia muda dan sapi yang menderita sakit mata.

Syarat kambing yang boleh dikurbankan adalah berusia tua yang ditandai dengan tanggalnya gigi hewan ternak tersebut. Untuk mengelabui pembeli, oknum pedagang mencabut paksa gigi kambing.

Itulah yang ditemukan petugas gabungan saat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Hewan Jetis, Ponorogo. “Ada (gigi) yang belum saatnya towel (tanggal) tapi dicabut paksa,” ujar seorang petugas Sub Dinas Peternakan Ponorogo, Siti Barokah, di lokasi, Senin (7/10/2013).

Selain kambing yang giginya dicabut paksa, petugas juga menemukan sapi mengidap penyakit mata. Meski tidak berpengaruh terhadap kualitas daging, namun secara etika, sapi sakit tidak pantas dijadikan hewan kurban. “Diimbau agar pembeli memilih sapi yang sehat, tidak cacat dan layak,” imbaunya.

Atas temuan itu, petugas mengimbau pedagang agar tidak menjual sapi yang sakit untuk hewan kurban. Sebaiknya, sapi yang disembelih adalah sapi yang sehat dan sempurna. Demikian juga agar kambing tidak dipaksa dicabut giginya karena tindakan tersebut merupakan penyiksaan. 

(ris)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป