Getting time...

JAWA TIMUR »  MALANG

Korban Banjir Bandang di Malang Mulai Penyakit Gatal & Ispa

Hari Istiawan - OKEZONE
Jum'at, 12 Juli 2013 13:12 wib
Ilustrasi banjir bandang
Ilustrasi banjir bandang

MALANG- Korban banjir bandang yang menerjang empat desa di dua kecamatan di Malang Selatan, mulai terserang sejumlah penyakit. Korban yang terserang gatal-gatal dilaporkan berada di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Data Pos Bencana Banjir di GKJW Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, menyebutkan, tidak hanya gatal-gatal warga juga terserang batuk, serta infeksi saluran pernafasan bahkan ada beberapa warga yang diduga terserang malaria.

"Informasinya seperti itu," kata Kepala Bidang Tanggap Darurat Becana dan Logistik dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Malang, Bagyo Setyono, Jumat (12/7/2013).

Bagyo menduga, pengungsi yang menderita penyakit malaria bukan disebabkan nyamuk, namun penyakitnya kambuh pasca-banjir. menurutnya, petugas sudah menyalurkan kebutuhan warga terdampak banjir bandang, termasuk obat-obatan dan vitamin ke Desa Sidoasri.

"Distribusi sempat tersendat karena data masuk tidak akurat," kata Bagyo.

Sementara itu, sejumlah bantuan berupa bahan makanan dan paket sembako terus berdatangan ke posko banjir bandang di Desa Sitiarjo. Warga dan aparat, serta relawan juga masih bahu-membahu membersihkan sampah dan batang-batang pohon yang melintang di jalan.

Banjir bandang yang terjadi Selasa malam lalu menerjangDesa Sitiarjo, Sidoasri, dan Sidodadi, di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, dan Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan.
 

(kem)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป