Getting time...

JAWA TIMUR »  MALANG

Inilah Tips & Trik Sebelum Mendaki Gunung Arjuna

Hari Istiawan - OKEZONE
Rabu, 22 Mei 2013 22:18 wib
Ilustrasi pendakian (foto: Ist)
Ilustrasi pendakian (foto: Ist)

MALANG- Mendaki sebuah gunung memiliki karakteristik yang berbeda antar satu gunung dengan gunung lainnya. Apa sebenarnya yang harus dipersiapkan sebelum mendaki gunung yang terletak di Jawa Timur itu?

Joko Suhendro, anggota SAR Mahameru yang sekaligus OSC tim evakuasi pendaki yang tewas di puncak Arjuna, mengatakn, melakukan pendakian gunung memang diperlukan suatu persiapan matang.

Di antaranya adalah persiapan fisik, mental, perbekalan, obat-obatan, termasuk perencanaan yang matang, sehingga bisa mengukur harus membawa logistik apa saja.

Pengenalan lokasi pendakian juga diperlukan untuk mengukur kebutuhan logistik terutama air. Pasalnya, mendaki di gunung yang gersang dengan gunung yang sudah ada titik-titik air kebutuhan logistiknya berbeda.

“Kalau mendaki di Arjuna lewat Lawang memang jarang ada air, berbeda dengan ke Semeru ada yang diharapkan di danau Ranu Kumbolo,” ujarnya saat dihubungi Okezone, Selasa (22/05/2013).

Kebutuhan pribadi seperti baju hangat juga harus dobel, jaket, sleeping bag, kerpus, dan lain-lain. Sementara mengenai logistik, pendaki harus membawa makanan yang berkalori, seperti beras secukupnya, mi instan, dan coklat, serta snack yang mengandung kalori.

Kondisi medan, cuaca, dan mendaki di waktu musim hujan dan kemarau, juga memerlukan perlengkapan yang berbeda, sehingga persiapan mendaki harus dilakukan dengan matang agar kebutuhan pendakian bisa terencana dan siap secara fisik dan mental.

Kebutuhan medis misalnya, minyak kayu putih, minyak tawon, dan salep oles, namun balsem tidak direkomendasikan untuk digunakan karena akan semakin membuat dingin pendaki.

“Yang juga penting adalah mengenali kelemahan diri sendiri seperti memiliki penyakit asma atau mah, sehingga bisa membawa obat-obatan yang sesuai dengan penyakit yang dideritanya,” tuturnya.

“Tapi jangan lupa, mendaki di manapun harus menjaga kesopanan serta menghormati alam sekitar. Terakhir hendaknya berdoa menurut kepercayaan masing-masing agar perjalanan yang dilakukan berada dalam lindungan YME,” lanjutnya. 

(kem)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป