JAWA TIMUR »  GREATER JATIM

Usia Tak Halangi Puluhan Orang Tua Belajar Baca-Tulis

Mukhtar Bagus - Sindo TV
Kamis, 2 Mei 2013 08:26 wib
Usia Tak Halangi Puluhan Orang Tua Belajar Baca-Tulis
Peserta belajar di sanggar Ya Latif (Dok: Mukhtar Bagus/Sindo TV)

JOMBANG - Belajar tak cuma dilakoni anak-anak, namun juga kalangan orang tua. Di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, puluhan warga tetap semangat mengikuti pelajaran meski sebagian besar dari mereka sudah berusia lanjut.

Sekali dalam sepekan, puluhan warga di Desa Bandung, Kecamatan Diwek, Jombang, mendatangi sanggar belajar Ya Latif di desa mereka. Tidak sedikit dari mereka yang belajar sambil membawa serta anak yang masih kecil.

Beragam tujuan diungkapkan para peserta pemberantasan buta huruf tersebut. Ada yang malu belum bisa membaca, ada pula yang sekadar ingin mengetahui cara efektif mengajarkan membaca untuk diterapkan kepada anak atau cucu mereka.

Jaenudin, pengelola sanggar belajar Ya Latif, Kamis (2/5/2013), mengaku sengaja mendirikan tempat pendidikan informal itu karena prihatin jumlah penyandang buta huruf di Jombang masih tinggi.

Dia mengaku tidak memungut biaya sepeser pun terhadap para peserta. Seluruh perlengkapan belajar-mengajar, termasuk buku pelajaran, dibantu pemerintah setempat.

Pada 2010, tercatat 71 ribu orang dewasa di Jombang belum kenal huruf. Setelah sanggar belajar baca tulis dibuka hampir di seluruh kecamatan di Jombang pada dua tahun terakhir, jumlah penyandang buta aksara turun drastis, yakni hanya tinggal sekira 40 ribu orang saja.
 

(ton)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป