Getting time...

JAWA TIMUR »  SURABAYA

Beredar Kunci Jawaban Soal UN SMP di Surabaya

Andreas Wicaksono - Sindo TV
Rabu, 24 April 2013 09:07 wib
Beredar Kunci Jawaban Soal UN SMP di Surabaya
Gambar bocoran kunci jawaban UN SMP Bahasa Inggris (Dok: Andreas/Sindo TV)

SURABAYA - Dewan Pendidikan Surabaya mendapat gambar diduga bocoran jawaban Ujian Nasional (UN) SMP mata pelajaran Bahasa Inggris. Dewan Pendidikan Surabaya mendesak Dinas Pendidikan Kota Surabaya untuk memeriksa apakah kunci jawaban itu benar atau tidak.

Ketua Dewan Pendidikan Surabaya, Isa Anshori, mengatakan, pihaknya mendapat gambar itu pada Senin, 22 April 2013 malam. Gambar kunci jawaban tampak difoto melalui BlackBerry oleh dua orang. Dalam bocoran itu tertulis nomor paket dan frase kalimat salah satu soal. Di bagian bawahnya disertai jawaban semua nomor. Mata pelajaran Bahasa Inggris diujikan di hari kedua pelaksanaan UN atau Selasa, 23 April 2013.

Kata Isa, kunci jawaban itu beredar di Surabaya yang penyebarannya bertahap, satu kunci jawaban paket beredar pada Senin malam sekira pukul 23.00 WIB, lalu menjelang pagi, 19 kunci jawaban paket sisanya beredar.

"Dinas pendidikan harus memastikan bahwa ini tidak benar. Ambil saja satu soal yang sudah dikerjakan kemudian minta guru Bahasa Inggris untuk mengerjakan satu paket saja. Kalau tidak benar, dinas pendidikan harus segera nyatakan bahwa ini tidak layak dipercaya. Jangan ke BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Pendidikan), terlalu lama,” tutur Isa.

Kunci jawaban itu beredar di hampir semua SMP di Surabaya karena itu dia mendesak permasalahan ini segera ditindaklanjuti dinas pendidikan.
 

(ton)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

BACA JUGA »