JAWA TIMUR »  GREATER JATIM

Belasan Benda Diduga Peninggalan Majapahit Ditemukan di Hutan

Bambang Sugiarto - Sindo TV
Kamis, 21 Maret 2013 07:43 wib
Belasan Benda Diduga Peninggalan Majapahit Ditemukan di Hutan
Penemuan benda bersejarah di Nganjuk (Illustrasi, Dok: Sindo TV)

SITUBONDO - Belasan benda diduga peninggalan zaman Kerajaan Majapahit ditemukan di lereng Gunung Baluran, Kabupaten Sutubondo, Jawa Timur.

Ada 14 benda purbakala yang ditemukan oleh warga bernama Balok Imam Subakti (75), warga Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, pada dua hari terakhir.

Benda-benda tersebut terdiri dari termbikar berornamen, kendi, gerabah, piring keramik, batu lesung, dan kepala Siwa bermahkota.

Balok, Kamis (21/3/2013), mengatakan, dia menemukan benda-benda tersebut saat mencari burung di hutan. Awalnya, dia menduduki sebuah batu kecil saat istirahat, namun dia curiga karena batu tersebut memiliki lubang di tengah.

Menurut Balok, batu itu berbentuk tidak seperti biasanya. Dia pun mengangkat batu yang sebagiannya masih terkubur dan membawanya pulang.

Keesokan harinya, Balok kembali lagi ke tempat itu bersama temannya. Di sekitar penemuan batu pertama, dia kembali menemukan benda lainnya.

Diduga kuat, benda-benda tersebut peninggalan Kerajaan Majapahit saat menyebarkan agama Hindu ke Bali.

Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, mengatakan, pihaknya sudah menerima informasi temuan benda tersebut. Dia juga sudah melanjutkan informasi itu ke Dinas Purbakala Provinsi Jatim untuk ditindaklanjuti.

Bila terbukti benda-benda itu peninggalan Majapahit, dia berencana membuat museum.
 

(ton)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป