Getting time...

JAWA TIMUR »  SURABAYA

PKNU Beri Sinyal Dukung KarSa di Pilgub Jatim 2013

Nurul Arifin - OKEZONE
Rabu, 23 Januari 2013 14:57 wib
Pakde Karwo saat berada di Kantor PKNU Surabaya (Foto: Nurul A/okezone)
Pakde Karwo saat berada di Kantor PKNU Surabaya (Foto: Nurul A/okezone)

SURABAYA- Partai Politik (Parpol) pendukung Khofifah Indar Parawasah saat maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2008 lalu, satu persatu beralih mendukung pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa) di Pilgub Jatim 2013.

Kondisi seperti tampak semakin membuat sempit peluang Ketua Muslimat NU itu untuk maju di Pilgub Jatim.

Kali ini, Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) Jawa Timur yang sebelumnya medukung Khofifah di Pilgub Jatim 2008 bakal beralih mendukung pasangan KarSa di Pilgub Jatim 2013. Pasalnya, sampai hari ini Khofifah belum melakukan komunikasi dengan PKNU.

"Khofifah sampai hari ini belum ada komunikasi dengan kami. Dan salah satu calon yang sudah masuk baru Pak De Karwo. Dan beliau yang secara konkrit," kata Ketua Dewan Syuro PKNU Jawa Timur KH Ubaidillah Faqih di Kantor PKNU Jatim Graha Astranawa Surabaya, Rabu (23/1/2013).

Terhadap lamaran Soekarwo tersebut, PKNU akan melakukan pembahasan secara formal sesuai dengan mekanisme organisasi. Artinya, lamaran tersebut akan dibalas secara resmi setelah keluar keputusan dari DPP PKNU.

Dia memberi sinyal PKNU akan mengalihkan dukungan ke pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (KarSa).

"Masalahnya bukan karena Khofifah atau Pakde Karwo, kita melihat ke depan yang secara konkret Insya Allah Pakde Karwo banyak diharapkan oleh masyarakat. Tapi keputusan masih menunggu mekanisme partai," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPW PKNU Jawa Timur Arief Junaidi menambahkan, keputusan PKNU ini sama seperti sinyal-sinyal yang ditunjukkan oleh sejumlah kiai sepuh Jawa Timur.

"Kita melihat arah-arahnya kiai sepuh ini ya ke KarSa. Tentu sebagai partai yang berbasis Islam, kami akan mengikuti apa kata beliau-beliau itu," ujarnya.

Dia mengapresiasi dengan sikap PWNU Jawa Timur yang tetap memutuskan untuk netral dalam pilgub Jatim. Artinya, NU memberikan kebebasan kepada warganya untuk menentukan pilihan.

"Saya kira cukup bagus. Kalau NU netral kan tidak akan memihak terhadap pasangan calon," tuturnya.

Seokarwo terus melakukan road show ke sejumlah parpol untuk menggalang dukungan maju di Pilgub Jatim yang akan digelar pada 29 Agustus 2013 mendatang.

Bahkan secara tegas, Ketua DPD Partai Demokrat Jatim itu akan melakukan road show ke PKB dan PDIP. Jika hal itu terjadi, maka peluang Khofifah untuk mendapatkan kendaraan politik semakin tipis. 

(kem)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป