JAWA TIMUR »  SURABAYA

Bawaslu Jatim Buka Lowongan Panwaslu di 5 Kabupaten

Nurul Arifin - OKEZONE
Senin, 21 Januari 2013 04:03 wib
Bawaslu Jatim Buka Lowongan Panwaslu di 5 Kabupaten
Ilustrasi

SURABAYA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Propinsi Jawa Timur membuka pendaftaran calon anggota panitia pengawas pemilu (Panwaslu) di lima kabupaten. Kelima daerah tersebut adalah Kabupaten Probolinggo, Nganjuk, Bojonegoro, Bangkalan dan Sampang.

“Pendaftaran dimulai tanggal 23-30 Januari 2013," kata Ketua Bawaslu Jatim Sufyanto di Surabaya, Minggu (20/1/2013).

Teknisnya, Bawaslu Jatim telah membentuk tim seleksi (Timsel) calon anggota panwaslu di lima kabupaten tersebut. Timsel ini diketuai oleh Macmud Suhermono dengan anggota dengan anggota Kris Nugroho dan Aribowo MS (Universitas Airlangga), Moh. Muzaki (Unibraw Malang) dan Samsul Sodiq (Unesa).

Ketua Timsel calon Anggota Panwaslu, Macmud Suhermono menambahkan, bagi masyarakat yang ini menadaftar dapat melihat pengumuman dan syarat-syarat pendaftaran yang berada di masing-masing kantor Bakesbang Kabupaten, Kantor Bawaslu Jatim, di gedung Bakesbang Provinsi Jatim.

Lebih jauh Macmud menjelaskan, syarat menjadi anggota Panwaslu di antaranya minimal berusia 30 tahun saat mendaftar, berijazah S-1, tidak pernah menjadi anggota dan pengurus partai politik atau sudah mengundurkan diri dari partai politik minimal lima tahun. Kemudian, tidak pernah dihukum penjara dengan ancaman hukuman lima tahun, dibuktikan dengan surat keterangan dari pengadilan.

“Namun karena mengurus surat keterangan dari PN biasanya agak lama, maka bisa disusulkan, bila lolos seleksi tes tulis,” ujar alumni Ilmu Politik FISIP Unair ini. “Berkasnya bisa melalui Pos atau datang langsung ke kantor Bawaslu Jatim. peserta yang lolos seleksi administrasi, akan mengikuti tes tertulis yang akan dipusatkan di Surabaya,” jelas Sekretaris PWI Jatim ini. 

(ris)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

BACA JUGA »