JAWA TIMUR »  SURABAYA

Sampang Memanas Lagi, 2 Pengikut Syiah Tewas

Nurul Arifin - OKEZONE
Minggu, 26 Agustus 2012 15:34 wib
Sampang Memanas Lagi, 2 Pengikut Syiah Tewas
Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

SURABAYA - Kerusuhan di Kabupaten Sampang, Madura, kembali pecah. Kali ini, belasan rumah milik pengikut Syiah di Desa karang gayam kecamatan Omben dan Desa Bluuran Kecamatan Karang Penang, Sampang hangus terbakar. Tak hanya itu, dua orang pengikut syiah harus meregang nyawa akibat kerusuhan tersebut.

Menurut Divisi Monitoring dan Dokumentasi KontraS Surabaya Fatkhul Khoir, hingga saat ini kondisi di lokasi masih mencekam. Selain aksi pembakaran perkampung milik warga Syiah, dua orang telah meningggal akibat kejadian itu.

"Informasi yang saya terima dari lapangan ada dua orang tewas. Saat ini kondisi lokasi mencekam," kata pria yang akrab disapa Juir ini ketika dihubungi Okezone, Minggu (26/8/2012). Kata Juir, dua warga yang tewas tersebut adalah Hamama dan Tohir warga setempat.

Juir juga mengatakan, KontraS Surabaya akan turun ke lokasi seperti pada kasus sebelumnya. "Ini kami akan ke lokasi. Tadi sudah kontak-kontakkan dengan pihak keluarga Ustadz Tajul Muluk. Mereka (warga Syiah) sangat ketakutan," ujarnya.

Dia meminta kepada aparat kepolisian untuk turun tangan agar kerusuhan ini tidak bertambah parah. Hingga saat ini, kondisi kampung tersebut masih mencekam.

Sebelumnya, kerusuhan yang menimpa pengikut Syiah di kabupaten Sampang pernah terjadi pada Desember 2011 lalu. Saat itu, massa intoleran melakukan pembakaran terhadap Kompleks Pesantren Islam Syiah di Dusun Nangkernang, Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang.

Kepolisian belum mengungkap motif serta dalang kerusuhan yang menciderai keberagaman indonesia ini. Malahan, pengasuh ponpes itu, Ustadz Tajul Muluk harus menjadi terpidana karena kasus penistaan agama.  
 

(ded)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

BACA JUGA »