Getting time...

JAWA TIMUR »  GREATER JATIM

Bentrok dengan Pendekar SHT, 4 Anggota Banser Diamankan

Solichan Arif - Koran SI
Senin, 16 Juli 2012 17:43 wib
Ilustrasi
Ilustrasi

TULUNGAGUNG - Rombongan Barisan Ansor Serba Guna (Banser) asal Desa Womokromo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, terlibat bentrok dengan pendekar yang diduga dari perguruan silat Setia Hati Terate (SHT).

Pertarungan antarkelompok tersebut berlangsung di pinggir jalan raya Desa Tiudan, Kecamatan Gondang.

Dua orang yang diduga pendekar SHT, yakni Muhammad Yunus (17) dan Budi Handoko (21) menderita luka di kepala akibat terkena pentungan kayu.

Setelah kejadian, petugas Polres Tulungagung menangkap empat anggota Banser yang baru mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Kebanseran tersebut. Empat anggota Banser tersebut diketahui bernama Doni Sarifudin (19), Deris (24), Yayas (20), dan Arif (15).

“Semuanya masih dalam pemeriksaan,“ ujar Kapolsek Gondang, AKP Sumadi, kepada wartawan, Senin (16/7/2012).

Informasi yang dihimpun, rombongan Banser hendak pulang dari diklatsar di Kecamatan Ngunut. Begitu melihat M Yunus dan Budi Hartoko sedang nongkrong di pinggir jalan, sebagian peserta arak-arakan berhenti. Mereka melihat Yunus mengenakan baju dengan atribut yang biasa dipakai para pendekar SHT.

Sekedar diketahui, beberapa hari lalu, seorang anggota Banser, asal Desa Tiudan, dibacok dua orang tidak dikenal. Diduga, penyerangan masih terkait dengan peristiwa penyerbuan kantor ranting NU Wonokromo oleh pendekar SHT.

Meski babak belur, keduanya berhasil keluar dari kepungan massa dan melaporkan aksi kekerasan tersebut ke kepolisian terdekat. Saat itu ada sekira 100 orang dalam arak-arakan yang pulang dari diklatsar.

Sementara itu, Ketua GP Ansor Kabupaten Tulungagung, Yoyok Mubarok, belum bisa dikonfirmasi. Beberapa kali dihubungi, termasuk dikonfirmasi melalui pesan pendek (SMS), yang bersangkutan tidak juga memberikan jawaban.
 

(ton)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป