JAWA TIMUR »  GREATER JATIM

16 Imigran Asal Iran Ditangkap di Sidoarjo

Abdul Rouf - Koran SI
Rabu, 27 Juni 2012 11:02 wib
16 Imigran Asal Iran Ditangkap di Sidoarjo
Imigran asal Iran ditahan di Mapolsek Jabon (Foto: Koran SI/Abdul Rouf)

SIDOARJO - Sebanyak 16 warga Iran diamankan petugas Polsek Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Mereka diduga imigran gelap yang akan menuju Australia.
 
Warga Iran, yang semuanya laki-laki itu, mendarat di perairan timur Sidoarjo, tepatnya di Dusun Tlocor, Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Rabu (27/6/2012) pagi. Mereka menumpang kapal dari Probolinggo dengan tujuan Surabaya.

Para imigran tersebut sengaja lewat jalur laut agar tidak ditangkap petugas. Sesampai di pesisir timur Sidoarjo, mereka naik ojek dan mencari mobil sewaan.

Para imigran tersebut akhirnya mendapat mobil sewaan milik Kasum, warga Tlocor. Karena jumlah imigran 20 orang, Kasum meminta bantuan tetangganya yang juga menyewakan mobil. “Mereka minta diantar ke Hotel Surabaya," ujar Kasum.

Setelah tersedia dua mobil, yakni Isuzu Panther dan Suzuki Eskudo, 20 imigran itu diantar ke Surabaya. Di tengah perjalanan, Kasum curiga warga Iran tersebut imigran gelap.

Dia kemudian menelepon polisi agar mencegat di tengah jalan. Sesampai di pertigaan dekat Mapolsek Jabon, beberapa polisi mencegat dua mobil itu.

Melihat polisi datang, para imigran kabur. Polisi berhasil menangkap 16 orang. Sedangkan empat imigran lain berhasil melarikan diri.

Informasi yang diperoleh, sebenarnya imigran asal Iran itu berjumlah 30 orang. Setelah mendarat di perairan timur Sidoarjo, mereka berpencar dengan tujuan Surabaya.

Rencananya, setelah tiba di Surabaya mereka akan berangkat ke Australia juga melalui jalur laut.

Para imigran tersebut menolak diangkut ke Mapolres Sidoarjo. Demikian pula saat diambil gambar, mereka menolak dan melempar botol air mineral ke arah petugas.

Kapolsek Jabon AKP Sunaryo mengatakan, pihaknya masih mendalami kasus ini. “Kami masih mendata imigran itu. Sejauh ini belum diketahui apakah para imigran itu mempunyai dokumen lengkap atau tidak,” ujarnya.
 

(ton)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

BACA JUGA »