JAWA TIMUR »  BANDUNG RAYA

Sidang Perdana Korupsi Bansos Kota Bandung Digelar

Iman Herdiana - OKEZONE
Rabu, 2 Mei 2012 14:35 wib
Sidang Perdana Korupsi Bansos Kota Bandung Digelar
Sidang perdana korupsi Bansos Bandung (Foto: Okezone/Iman Herdiana)

BANDUNG - Sidang perdana kasus korupsi bantuan sosial (Bansos) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung dipenuhi pengunjung.

Pengunjung sidang sudah memasuki Ruang 1 Kresna sejak pukul 10.30 WIB. Pengunjung yang tidak mendapat tempat di dalam ruangan, terpaksa mengikuti jalannya sidang dari luar.

Panitera Muda Tipikor, Susilo Nandang Bagio, mengatakan sidang juga diikuti dipantau langsung oleh petugas Komisi Pemberantas Korupsi (KPK).

Sidang menghadirkan lima terdakwa. Tiga di antaranya merupakan pegawai negeri sipil (PNS) di Sekretariat Daerah (Setda), yakni UR, R, dan FH. Dua lainnya, mantan ajudan Wali Kota Bandung, YS serta ajudan Sekda Kota Bandung berinisial LB.

Sidang dipimpin oleh Majelis Hakim Setyabudi Tejocahyono, Ramlan Comel, dan Jojo Johari.

Setyabudi Tejocahyono kini menjabat sebagai Wakil Ketua PN Bandung, Ramlan Comel hakim pernah menangani kasus mantan Bupati Subang, Eep Hidayat dan Wali Kota Bekasi Mochtar Mohammad.

Dalam kasus ini, Kejati Jabar mengatakan jumlah kerugian negara akibat kasus ini mencapai Rp67 miliar. Namun, itu lebih kecil dari perhitungan sebelumnya yang mencapai Rp80 miliar.

Untuk mengusut lebih jauh, Kejati Jabar meminta bantuan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk menghitung kerugian negara. Setelah dihitung BPKP, angka kerugian negara menyusut menjadi Rp9,8 miliar.
 

(ton)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป