Getting time...

JAWA TIMUR »  EKBIS

KISME untuk Kebangkitan UMKM & Koperasi di Jatim

Nurul Arifin - OKEZONE
Jum'at, 2 Maret 2012 11:34 wib
KISME untuk Kebangkitan UMKM & Koperasi di Jatim
Salah satu kerajinan buatan anak Indonesia (Foto: Dok Okezone)

SURABAYA- Pemerintah pusat mencanangkan agenda untuk kebangkitan ekonomi dan Revitalisasi Koperasi dan UMKM. Untuk menunjang program itu adalah tercetus istilah KISME.

Dengan KISME ini mampu menjadi sebuah momentum untuk menyukseskan agenda agenda tersebut.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur Fattah Yasin mengatakan, KISMI adalah Koordonasi, Intergrasi, Sinkroniasai, Monitoring, dan Evaluasi. Dengan demikian terjadi sinkron antara program pemerintah pusat, provinsi, dan daerah.

Termasuk Evaluasi memang perlu dilakukan. Misalnya, untuk membahas Program tahun 2013 tentunya harus ada evaluasi program di 2012, begitu juga selanjutnya. Tak hanya itu, KISME ini juga akan memuat sejumlah usulan-usulan untuk peningkatan UMKM di wilayah, khususnya di Jawa Timur.

Contohnya adalah menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan Infrastruktur. Dalam skala besar tentunya APBD Kabupaten maupun Propinsi tidak mampu mem-backup kebutuhan itu.

Misalnya, Kota Wisata Batu. Tempat ini selain juga menjadi refersensi pariwisata Nasional juga banyak sektor UMKM yang perlu dikembangkan. Tujuannya adalah mendongkrak pertumbuhan ekonomi Mikro di Kawasan tersebut.

Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi akan berupaya agar Kota Batu itu mendapat kucuran APBN, khususnya untuk pengembangan Infrastruktur. Sebab, untuk pembangunan infrastruktur tidak sepenuhnya dicover oleh APBD Kabupaten dan Propinsi.

"Kita inginkan adalah adanya pasar tradisional yang tentu sangat strategis. Sebab, kawasan Malang Raya Khususnya Kota Batu adalah daerah daerah rujukan pariwisata nasional. APBD tidak sampai menjangkau kesana," tukasnya. 

(kem)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป