Getting time...

JAWA TIMUR »  UMKM

2 rusunawa Surabaya baru akan dibuka Maret

Aan Haryono (Koran Sindo) - Koran SI
Senin, 30 Januari 2012 11:04 wib
ilustrasi Foto: Koran Sindo
ilustrasi Foto: Koran Sindo

Sindonews.com – Keinginan warga Surabaya untuk segera memperoleh tempat tinggal sepertinya harus menunggu lama lagi. Pemkot baru bisa menyelesaikan dua rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Maret mendatang.

Kedua rusunawa yang siap dibukaa itu adalah Grudo dan Tanah Merah II. Secara tampilan luar, dua rusunawa tersebut memang sudah tampak bagus dan selesai dibangun. Bahkan, untuk yang di Tanah Merah, sejak 2010 lalu konstruksi bangunannya sudah selesai.

“Kalau dilihat secara penuh belum kelar. Instalasi air dan listriknya masih belum sempurna,” ujar Kabid Permukiman Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) Muhammad Aminuddin kemarin.

Konsentrasi pemkot pada rumah berbentuk vertikal memang terus dikebut. Setidaknya dalam triwulan pertama tahun ini, dua rusunawa itu sudah dapat digunakan.

Pemkot sendiri tidak mengeluarkan dana besar untuk pembangunan. Sebab, anggaran berasal dari APBN. Namun, setelah beroperasi, pemkot lah yang melakukan pengelolaan. Selain Grudo dan Tanam Merah II, ada pula rusunawa Wonorejo, Penjaringansari dan Sumbo yang telah lebih dulu beroperasi

Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah (DPBT) sendiri nantinya menjadi koordinator pengelolaan rusnawa. Sedangkan DCKTR adalah semacam pengawas atau kepanjangan tangan pemerintah pusat dalam proses pembangunan saja.

“Calon penghuni rusunawa baru sudah dikoordinasikan oleh DPBT,” jelasnya.

Kepala DPBT Djumadji menuturkan, mereka yang belum memiliki rumah dan tergolong berpenghasilan akan menjadi prioritas sebagai penghuni rusunawa Tanah Merah II. Menariknya, khusus Grudo, akan diprioritaskan bagi PNS yang belum memiliki rumah.

“Daftar antrean sudah ada. Mereka menembus 5.000 kepala keluarga lebih,” kata Djumadji.

Ia melanjutkan, lahan di Grudo dulunya adalah komplek rumah dinas pekerja di lingkungan Dinas Bina Marga dan Pematusan serta Dinas Kebersihan dan Pertamanan.

Ada 23 keluarga yang menghuni kompleks itu dan selama pembangunan rusunawa, mereka dipindahkan di tempat kos terlebih dahulu. Namun, mereka dipastikan sudah mendapat jatah rusunawa di sana.



 

(and)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป