Getting time...

JAWA TIMUR »  BISNIS UMKM - SINDO NEWS

Google pun kepincut UKM Indonesia

Jum'at, 23 September 2011 15:19 wib
Google pun kepincut UKM Indonesia
Logo Google

Sindonews.com - Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam negeri rupanya mampu membuat raksasa internet, Google, kepincut. Rencananya Google untuk membangun kantornya di Indonesia. Banyaknya jumlah UKM di Indonesia yang sudah melek internet semakin membuat Google jatuh hati untuk segera merealisasikan niatnya tersebut.

Executive Chairman Google Eric Schmidt menyatakan kalau Google akan melakukan pendekatan ke usaha-usaha kecil dan menengah (UKM) jika berhasil merealisasikan rencananya membuka kantor di Indonesia sebagai salah satu berekspansi.

Schmidt mengaku optimistis mendapat dukungan pemerintah terkait rencana ekspansi Google ke Indonesia. "Pemerintah Indonesia melihat kami sebagai investasi positif, karena kami akan merekrut orang dan memiliki operasi bisnis di sini," paparnya.

"Selain itu, kami juga fokus terhadap usaha kecil dan menengah. Ketika kami memasuki sebuah negara, kami memiliki program untuk UKM yaitu program pemasaran dan edukasi seperti seminar," lanjut Schmidt.

Schimdt mengaku tak menyangka jika jumlah UKM di Indonesia mencapai sekira 50 juta UKM dan dia percaya jika UKM inilah yang akan menjadi mesin untuk pertumbuhan ekonomi negara di masa depan," tambahnya.

Menurutnya, dengan banyaknya pulau-pulau di Indonesia maka jaringan internet merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah isolasi antarpulau. Namun, hingga kini Schmidt mengaku belum dapat memastikan waktu yang tepat untuk merealisasikan rencananya itu. Menurutnya, dia masih harus didiskusikan lebih lanjut bersama pemerintah Indonesia. "Kami masih dalam tahap negosiasi, jadi saya tidak bisa berbicara atas nama pemerintah Indonesia. Tapi sejauh ini mereka bersikap sangat mendukung," pungkas Schmidt.

Dari pihak pemerintah, dukungan atas rencana Google tersebut diutarakan oleh Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring yang mengatakan bahwa pemerintah dan pihak Google akan segera membuat Memorandum of Understanding (MoU)yang isinya di antaranya untuk membantu UKM.

"Itu permintaan kita, supaya Google membagi pengalaman-pengalaman mereka di negara lain bahwa dengan Google usaha-usaha lain di dunia bisa berkembang. Apalagi Google juga mengatakan bahwa UKM Indonesia belum dikenal, jadi ini merupakan suatu sarana," jelas Tifatul.

Tifatul pun memastikan bahwa keinginan Google untuk membangun kantor di Indonesia pasti akan terwujud. Bahkan tim teknis Google untuk Indonesia baru saja dibentuk.

Tifatul mengatakan, terbentuknya tim teknis untuk membahas kantor perwakilan raksasa internet itu di tanah air mematahkan rumor yang menyebutkan kalau Google batal menanamkan investasinya di Indonesia.

"Saya sudah mengajak Pak Syarif Hasan (Menteri Koperasi dan UKM) bertemu CEO Google. Jadi sekarang sedang dibentuk tim teknis, tahu-tahu kok ada berita Google batal dari siapa? Timnya saja baru dibentuk," kata Tifatul.

Tifatul juga menambahkan, investasi Google di Indonesia lebih difokuskan ke UKM. Ini dimaksudkan supaya produk-produk UKM bisa dilakukan pemasaran melalui Google sehingga bisa menembus pasar internasional.

Semoga saja si raksasa mampu merealisasikan impian UKM untuk go internasional.

Editor : Andina Meryani
 

(and)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป