Getting time...

JAWA TIMUR »  NEWS

Awang Faroek-Farid W Menangkan Pilkada Kaltim

Amir Sarifudin - OKEZONE
Jum'at, 7 November 2008 17:22 wib

SAMARINDA - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Provinsi Kaltim menetapkan pasangan Awang Fareok-Farid Wadjdy (AFI) sebagai pemenang dalam pilgub Kaltim putaran dua yang digelar 23 Oktober lalu.

Penetapan itu berdasarkan rekapitulasi suara di 13 kab/kota dalam Pleno KPUD Kaltim di Ballroom Hotel Bumi Senyiur,Samarinda, Kaltim, Jumat siang (7/11/2008).

Rapat pleno menetapkan pasanga Awang Faroek Ishak-Farid Wadjdy meraih 57 persen suara sah dalam Pilkada Kaltim putaran kedua. Achmad Amins-Hadi Mulyadi meraih 42 persen suara sah. Jumlah suara sah yang dihimpun dari 13 kabupaten dan kota sekitar 1,27 juta.

Dari jumlah itu, Awang-Farid mendapat sekitar 740.700 suara sedangkan Amins-Hadi sekitar 537.600 suara. Sekitar 988.000 orang diketahui tidak datang memberikan suaranya pada Pilkada Kaltim. Jumlah itu setara dengan 42,9 persen dari jumlah pemilih terdaftar yang 2.301.000 orang. Dengan perolehan itu, Awang-Farid berhak ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih.

"Dengan hasil rekap suara yang dilakukan KPUD Kaltim maka gubernur terpilih kaltim periode 2008-2013 adalah pasangan Awang Faroek-Farid Wadjdy," ujar Ketua KPUD Kaltim Masykur Melle.

Dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara dan penetapan pasangan calon terpilih, komisi pemilu menghitung secara manual perolehan suara dari setiap KPU kabupaten dan kota. Hasilnya, Awang unggul 12 daerah. Amins hanya unggul di Kota Tarakan.

Bila yang tidak datang disebut golput, maka besarnya golput di Pilkada Kaltim ialah 42,9 persen. Adapun jumlah suara yang diberikan sekitar 1.313.000. Suara sah yang diberikan ialah sekitar 1.278.000. Suara tidak sah sekitar 34.000.

Menyinggung soal pelantikan cagub terpilih menurut Masykur hal itu menjadi domain nya Presiden melalui Menteri dalam negeri.

"Kemungkinan Desember pelantikannya namun soal kapan tanggal pelantikanya itu menjadi domeinnya Mendagri karena harus menunggu Keppres Presiden," katanya.

Rapat pleno KPUD Kaltim dihadiri kurang lebih 600 undangan yang terdiri dari unsur pemerintahan, OKP, ormas, Timses masing-masing calon termasuk pasangan AFI sedangkan cagub Achmad Amins tidak hadir dinas keluar kota. Kubu Amins diwakili cawagub Hadi Mulyadi.

Untuk mengamankan jalannya rapat pleno rekapitulasi Pilgub Putaran Kedua, sedikitnya 452 personel polisi disiapkan beberapa tempat seperti hotel Bumi Senyiur lokasi penghitungan suara, Kantor KPUD, DPRD Kaltim. Namun konsentrasi pengamanan dilakukan di lokasi penghitungan suara. Pelaksanaan perhitungan pun berlangsung aman dan lancar.
 

(uky)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

BACA JUGA ยป